Rabu, 02 Juli 2014

RPP KELAS VIII SMP (Letter)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMP                                                                         
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VIII
Materi Pokok             : Teks tulis teks surat pribadi
Alokasi Waktu           : 1 pertemuan (2 JP) 
             


KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1    Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.


2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, dan  bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.

2.2.1    Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan
2.2.3    Tidak menyalahkan     orang   lain atas tindakannya sendiri
2.2.4    Melakukan hal-hal yang             dikatakan akan             dikerjakan tanpa             diingatkan orang lain
3.
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya 

3.5.1    Menentukan tujuan             komunikatif dari teks surat pribadi
3.5.2      Mengidentifikasi  struktur teks surat pribadi
3.5.2      Mengidentifikasi perbedaan teks surat pribadi dan surat resmi    
4.
4.8


Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.8.1   Mengelompokkan jenis surat pribadi

4.8.2     Mengidentifikasi jenis surat pribadi

4.8.3  Menyusun teks surat pribadi


C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah diberikan teks surat pribadi siswa mampu:
1.    Menentukan tujuan komunikatif dari teks surat pribadi
2.    Melalui observe the picture siswa dapat mengidentifikasi  struktur teks surat pribadi
3.    Mengidentifikasi perbedaan teks surat pribadi dan surat resmi
4.    Mengelompokkan jenis surat pribadi
5.    Mengidentifikasi jenis surat pribadi
6.    Melalui menulis surat pribadi siswa dapat Menyusun teks surat pribadi








D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Fungsi Sosial  : Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman secara  tertulis dan memberi informasi kepada teman

Struktur Teks       :   
Date
Salutation: Dear ....
Opening paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan
Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit
Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali
Signature

Unsur Kebahasaan: 
·    Kata dan tata bahasa baku
·    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
·   Rujukan kata
·   Simple present, simple past, ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi

E.       Metode Pembelajaran

1.         Metode Ilmiah (scientific approach)

F.       Media dan Sumber Pembelajaran

1.         Media
Gambar, LCD Projector, a unit of laptop

2.         Sumber Pembelajaran
a).    Buku Teks Wajib
b).    Buku pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
c).    Keteladan ucapan dan tindakan guru menggnakan setiap tindakan komunikasi interpersonal  dengan benar dan akurat
d).   Contoh peragaan dalam bentuk rekaman audio CD/ VCD/ DVD/ kaset
e).    Modul Pembelajaran Bahasa Inggris kelas VIII
f).     Modul “English in Focus” kelas VIII
g).    Sumber dari internet:
·         www.dailyenglish.com,
·         www.google.com



G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

Pertemuan pertama

Pendahuluan 10’
Salam tegur sapa
Guru
Siswa
1.      Guru memberi salam (greeting).
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru memberi apersepsi dan motivasi.
4.      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.
1.      Siswa menjawab salam.
2.      Siswa mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
3.      Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan untuk motivasi.
4.      Siswa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
5.      Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran
6.      Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti 60’
Observing
Guru
Siswa
1.   Guru memberikan / menyediakan gambar tentang surat pribadi (Activity 1)
2.   Guru menjelaskan tentang fungsi social, struktur teks, maupun format penulisan surat pribadi. (Activity 2)
1. Siswa mengidentifikasi gambar tentang surat pribadi. (Activity 1)
2. Siswa memperhatikan tentang fungsi social, struktur teks, maupun format penulisan surat pribadi. (Activity 2)
Questioning
Guru
Siswa
1.      Guru menyediakan berbagai contoh  yang berbeda untuk ditebak siswa dengan menyampaikan pertanyaan. (Activity 3)
2.      Guru mengundang siswa untuk bertanya tentang perbedaan gambar yang disediakan.
1.   Siswa mengamati berbagai contoh  yang diberikan dan berfikir kritis. (Activity 3)
2.   Siswa mempertanyakan perbedaan gambar yang disediakan.
Exploring
Guru
Siswa
1.   Guru menyuruh siswa untuk menemukan contoh surat pribadi sebanyak-banyaknya. (Activity 4)
2.   Guru mengecek dan mengklarifikasi  jawaban siswa.
1.   Siswa menemukan contoh surat pribadi sebanyak-banyaknya.
2.   Siswa mendengarkan guru yang mengecek jawaban siswa.
Associating
Guru
Siswa
1.    Guru membagi siswa dan menyuruh untuk duduk berpasangan. (Activity 5)
2.    Guru menyuruh siswa untuk mendiskusikan teks surat pribadi.
1.      Siswa duduk berpasangan. (Activity 5)
Siswa  mendiskusikan tentang teks surat pribadi.
Communicating
Guru
Siswa
1.   Guru mempersiapkan beberapa amplop yang berisi kertas yang berwarna. (Activity 6)
2.   Guru membagikan amplop kepada siswa.
3.   Guru menyuruh siswa untuk membuka amplop secara bersamaan.
4.   Guru menyuruh siswa untuk menyusun teks surat pribadi dengan tema yang telah disediakan yang sesuai dengan warna kertas yang diperoleh siswa.
5.   Guru mengoreksi teks surat pribadi yang dihasilkan siswa.
6.   Guru menyuruh siswa untuk menempelkan hasil pekerjaan mereka di mading kelas.
1.   Siswa memperhatikan guru yang mempersiapkan amplop. (Activity 6)
2.   Siswa menerima amplop dari guru.
3.   Siswa membukan amplop yang diberikan oleh guru.
4.   Siswa menyusun teks surat pribadi dengan tema yang telah disediakan yang sesuai dengan warna kertas yang diperoleh siswa.
5.   Siswa mengumpulkannya hasil teks surat pribadi kepada guru.
6.   Siswa menempelkan hasil pekerjaan mereka di mading kelas.
Penutup 10’

Refleksi
Guru
Siswa
1.      Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
2.      Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.      Guru mengucapkan salam perpisahan.
1.      Siswa mengikuti/ melakukan refleksi dan mendengarkan guru menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
2.      Siswa memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.      Siswa menjawab salam perpisahan.


.............................. 20... 
Mengetahui                                                                
Kepala SMP...                                                             Guru Mata Pelajaran
                                                                                         

_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Templates