Rabu, 02 Juli 2014

RPP KELAS XII SEMESTER 1 (MENAWARKAN JASA)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan: SMA                                                  
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas
/ semester       : XII /1
Materi Pokok           : Teks lisan untuk menawarkan jasa dan
                                   responnya    
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit

I.     Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II.  Kompetensi Dasar
1.1.       Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International.
2.2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan    menawarkan jasa dan responnya,sesuai konteks penggunaanya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator
1.      Spiritual
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
2.      Sosial
Melakukan sikap yang bertanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten.
3.      Pengetahuan
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya
4.      Ketrampilan
Menyusun teks tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa dan responya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.

III.    Tujuan
1.      Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta didik mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara konsisten.
2.      Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, peserta didik dapat berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam  melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman secara konsisten.
3.      Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, peserta didik dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara tepat.
4.      Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan teks tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, peserta didik dapat menyusun teks tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

IV.    Materi Pembelajaran
Teks tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa,
a.       Fungsi sosial                       :
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
b.      Struktur text                       :
Menyatakan pendapat/pikiran
·         May I help you?
·         What can I do for you?
·         Yes, please.
c.       Unsur kebahasaan   :
Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.


V.       Sumber/Media Pembelajaran
1.      Media
Gambar
2.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku teks wajib
b.      CD/ Audio/ VCD
c.       Koran/ majalah berbahasa Inggris
d.      Sumber dari internet:
-          www.dailyenglish.com

VI.    Metode Pembelajaran
Pendekatan        : Cooperative learning

VII. Langkah Pembelajaran
FASE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
Pendahuluan
a.  Guru memberisalam (greeting);
b. Guru memeriksa kehadiran siswa;
c.  Guru menyiapkan  siswa  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
10 menit
Kegiatan
Inti
a.      Mengamati
·         Siswa membaca interaksi menawarkan jasa dan meresponnya.
·         Siswa menirukan model interaksi menawarkan jasa.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menawarkan jasa  (fungsi sosial teks).
b.      Menanya
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai ungkapan  menawarkan jasa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
c.       Mengeksplorasi
·         Siswa menwarkan jasa  dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
d.      Mengomunikasikan
·         Siswa menawarkan dan merespon  dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
70 menit
Penutup
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b.     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru
10 menit

VIII.      Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
1.      Penilaian sikap
2.      Penilaian pengetahuan
3.      Penilaian ketrampilan

...................., .............................. 20... 


Mengetahui                                                                

Kepala SMA                                                   Guru Mata Pelajaran




_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...

LAMPIRAN
PENILAIAN
1.      Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Teknik
Penilaian
Waktu
Penilaian
Instrumen
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Rasa hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya diri
Komunikatif
Peduli sesama
Ingin tahu
Pengamatan
Proses
Lembar  Pengamatan


2.      Penilaian Pengetahuan

Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan menawarkan jasa sesuai dengan konteks penggunaannya.
Unjuk kerja
Teks tulis
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menawarkan jasa serta responnya
.

3.        Penilaian keterampilan

Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Unjuk kerja
Presentasi
·     Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responnya



LAMPIRAN   : Rubrik Penilaian dari Segi Sikap (attitude)
a. Rasa hormat (respect)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak hormat
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak hormat
2 = Sering menunjukkan sikap tidak hormat
1 = Sangat sering menunjukkan tidak hormat
b. Jujur (honest)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak jujur
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak jujur
2 = Sering menunjukkan sikap tidak jujur
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak jujur
c. Peduli (care)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani (brave)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak berani
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak berani
2 = Sering menunjukkan sikap tidak berani
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tiodak berani
e. Percaya diri (confidence)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 = Sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi baik (communicative)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
5 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial (social awareness)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial

h. Ingin tahu (curiosity)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 = Sering menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu

Rubrik Penilaian dari Aspek Pengetahuan (knowledge)
a. Kosa kata (vocabulary)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehinngga sulit dipahami.
b. Kelancaran (fluency)
5 = Sangat lancar
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif dan tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat


Rubrik Penilaian Praktek

Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
Nilai
Excelent
5
Very Good
4
Good
3
Fair
2
Poor
1


Lampiran 1 : Format Penilaian Individu
Nama Kegiatan                       : .....................................
Tanggal Pelaksanaan               : .....................................
Nama                                       : .....................................
NIS                                         : .....................................

No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Sikap (attitude)
1
Ingin tahu

2
Percaya diri

3
Jujur




Perilaku (action)
1
Kerja sama

2
Melakukan tindak komunikasi yang tepat




Pengetahuan (knowledge)

1
Pengucapan

2
Kelancaran

3
Intonasi




Total

Rata-Rata



























STUDENTS’ WORKSHEET
Activity 1
Observe this picture

10354238-trois-ecoliers-heureux.jpg 














Activity 2
Repeat after the
Here are other expressions that you can also use:
offering
respond
 May I help you?
What can I do for you?
What if ...?
Yes, please.
 No, thanks, I’m ok.
 Thanks a lot.



Activity 3
Read the dialog and answer the question
Dani : Hi, Adi. How’s it going today?
Adi : Oh, hi, Dani. Oh, so-so. I’m a little tired.
Dani : Really. Why is that? Didn’t you sleep very welllast night?
Adi : I slept OK, but not enough. I read a book lastnight and I just couldn’t put   it down.
Dani : What book was that?
Adi : OF MEAN MEN,
by John Steinbeck.

Dani : What can I do for you?
Adi : please help me to bring my book.
Dani : ok  Adi.
Adi : Thanks a lot my friend.

1.what did adi do last night?
2.what that Adi read?
3. Does dani do to Adi?


Activity 4
Study and read the following expressions!
In the dialogues that you read, you find the following expressions:
Can I help you?
Let me help you ….
Shall I …?
If you like I could ….
I’ll ….
What can I do to help …?
Would you like any help …?
Would you like me to …?
Is there anything I can do …?
Need some help?
Want a hand?
Might I help at all?
Perhaps I could assist in some way?


You also find the following expressions from the dialogue:
  • Yes, please.
  •  No, thanks,
  •  I’m ok. Thanks a lot.

Those expressions are used to respond.

Here are other expressions that you can also use:
offering
respond
 May I help you?
What can I do for you?
What if ...?
Yes, please.
 No, thanks, I’m ok.
 Thanks a lot.



Activity 5
Act the dialogue out with your partner!

Activity 6
In pair practice in front of the class










ANSWER KEY
Activity 1
1.      The poster tells about stopping global warming.
2.      To keep our earth and environment.
3.      Yes, I do. By using public transportation.
Activity 2
1.      Helmi ask Retno for giving her opinion about action to reduce global warming.
2.      She is think that everyone should start changing their way of life.
3.      She read newspapers, magazines, and also searches for information in the internet.
4.      Helmi praises Retno much.
5.      Helmi suggest writing her idea in their school magazine next month.
Activity 3
-
Activity 4
-
Activity 5
1.      I believe that area for learning process more important than residential area. Because, it will increase our smart people and talented youth.
2.      I think local vegetables and fruits don’t need much transportation to get it into the market. It of course means, the amount of carbon dioxide produced is less than the groceries from other region. By buying local groceries we are helping reduce the amount of carbon dioxide produced. Consuming fresh groceries instead of frozen ones are healthier for us.

Activity 6
2.      Florescent light bulbs are more efficient than traditional bulbs. Moreover, it lasts longer.
3.      Getting around using bicycle is actually the most efficient way of traveling in the city. So, it makes us healthy.
4.      Corn cannot absorb as much carbon dioxide as it produces. Furthermore, Oak trees can absorb more carbon dioxide than it produces.
5.      Cows produce more Greenhouse gas than any vehicle. Moreover, vegetables do not produce as much Greenhouse gas as cows do.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Templates