RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / semester : XII /1
Materi Pokok : Teks lisan untuk menawarkan jasa dan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / semester : XII /1
Materi Pokok : Teks lisan untuk menawarkan jasa dan
responnya
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
II. Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan menawarkan jasa dan
responnya,sesuai konteks penggunaanya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
Indikator
1. Spiritual
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional.
2. Sosial
Melakukan sikap yang
bertanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional secara konsisten.
3. Pengetahuan
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya
4. Ketrampilan
Menyusun teks tulis untuk menyatakan dan merespon
ungkapan menawarkan jasa dan responya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
III.
Tujuan
1.
Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta didik mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara
konsisten.
2.
Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, peserta didik dapat
berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman secara konsisten.
3.
Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, peserta didik dapat menjelaskan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara tepat.
4. Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan teks tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, peserta didik dapat menyusun teks tulis untuk menyatakan
dan merespon ungkapan menyatakan pendapat,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
IV.
Materi
Pembelajaran
Teks
tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa,
a.
Fungsi sosial :
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman,
dan orang lain
b.
Struktur text :
Menyatakan pendapat/pikiran
·
May I help you?
·
What can I do for you?
·
Yes, please.
c. Unsur
kebahasaan :
Ucapan,
tekanan kata, dan intonasi.
V. Sumber/Media Pembelajaran
1.
Media
Gambar
2.
Sumber
Pembelajaran
a.
Buku teks wajib
b.
CD/ Audio/ VCD
c.
Koran/ majalah berbahasa Inggris
d.
Sumber dari internet:
VI. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Cooperative
learning
VII. Langkah Pembelajaran
FASE
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
a. Guru
memberisalam (greeting);
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa;
c. Guru menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
a. Mengamati
·
Siswa membaca interaksi menawarkan jasa dan
meresponnya.
·
Siswa menirukan model interaksi menawarkan jasa.
·
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menawarkan jasa (fungsi sosial teks).
b.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris,
perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
c. Mengeksplorasi
·
Siswa menwarkan jasa dengan
bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
d. Mengomunikasikan
·
Siswa menawarkan dan merespon dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
|
70 menit
|
Penutup
|
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru
|
10 menit
|
VIII. Penilaian
(Instrumen penilaian terlampir)
1.
Penilaian
sikap
2.
Penilaian
pengetahuan
3.
Penilaian
ketrampilan
...................., ..............................
20...
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _________________________
NIP. ... NIP.
...
LAMPIRAN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Rasa hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya diri
Komunikatif
Peduli sesama
Ingin tahu
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan menawarkan jasa sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
Unjuk kerja
|
Teks tulis
|
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menawarkan jasa
serta responnya
.
|
3.
Penilaian
keterampilan
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Unjuk kerja
|
Presentasi
|
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responnya
|
LAMPIRAN : Rubrik
Penilaian dari Segi Sikap (attitude)
a. Rasa hormat (respect)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak hormat
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak hormat
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak hormat
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak hormat
1 = Sangat sering
menunjukkan tidak hormat
b. Jujur (honest)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak jujur
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak jujur
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak jujur
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak jujur
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak jujur
c. Peduli (care)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak peduli
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak peduli
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak peduli
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak peduli
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani (brave)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak berani
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak berani
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak berani
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak berani
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tiodak berani
e. Percaya diri (confidence)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi baik (communicative)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Sering
menunjukkan sikap tidak komunikatif
5 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial (social awareness)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu (curiosity)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak ingin tahu
Rubrik Penilaian dari
Aspek Pengetahuan (knowledge)
a. Kosa kata (vocabulary)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan
tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan dan
mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan
dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak
kesalahan sehinngga sulit dipahami.
b. Kelancaran (fluency)
5 = Sangat lancar
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan
tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa
kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan
dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak
kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada beberapa
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa
kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan
dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak
kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif
dan tepat
4 = Variatif dan
tepat
3 = Cukup variatif
dan tepat
2 = Kurang variatif
dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat
Rubrik Penilaian Praktek
Kriteria |
Jika
respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika
respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika
respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika
respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika
respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Nilai
|
Excelent
5
|
Very Good
4
|
Good
3
|
Fair
2
|
Poor
1
|
Lampiran 1 :
Format Penilaian Individu
Nama Kegiatan :
.....................................
Tanggal Pelaksanaan :
.....................................
Nama :
.....................................
NIS :
.....................................
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Nilai
|
Sikap
(attitude)
|
||
1
|
Ingin
tahu
|
|
2
|
Percaya
diri
|
|
3
|
Jujur
|
|
|
|
|
Perilaku
(action)
|
||
1
|
Kerja
sama
|
|
2
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
|
|
|
|
Pengetahuan
(knowledge)
|
|
|
1
|
Pengucapan
|
|
2
|
Kelancaran
|
|
3
|
Intonasi
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
Rata-Rata
|
|
STUDENTS’
WORKSHEET
Activity 1
Observe this picture
Activity 2
Repeat after the
Here are other expressions that you can also use:
offering
|
respond
|
May I help you?
What can I do for you?
What if ...?
|
Yes,
please.
No, thanks, I’m ok.
Thanks a lot.
|
Activity 3
Read the dialog and
answer the question
Dani :
Hi, Adi. How’s it going today?
Adi :
Oh, hi, Dani. Oh, so-so. I’m a little tired.
Dani :
Really. Why is that? Didn’t you sleep very welllast night?
Adi :
I slept OK, but not enough. I read a book lastnight and I just couldn’t put it
down.
Dani : What book was that?
Adi : OF MEAN MEN,
by John Steinbeck.
Dani :
What can I do for you?
Adi : please help me to bring my book.
Dani : ok Adi.
Adi : Thanks a lot my friend.
1.what did adi do last night?
2.what that Adi read?
3. Does dani do to Adi?
Activity 4
Study and read the following expressions!
In the dialogues that you read, you find the following
expressions:
Can I help you?
Let me help you ….
Shall I …?
If you like I could ….
I’ll ….
What can I do to help …?
Would you like any help …?
Would you like me to …?
Is there anything I can do …?
Need some help?
Want a hand?
Might I help at all?
Perhaps I could assist in some way?
Let me help you ….
Shall I …?
If you like I could ….
I’ll ….
What can I do to help …?
Would you like any help …?
Would you like me to …?
Is there anything I can do …?
Need some help?
Want a hand?
Might I help at all?
Perhaps I could assist in some way?
You also find the following expressions from the dialogue:
- Yes, please.
- No, thanks,
- I’m ok. Thanks a lot.
Those expressions are
used to respond.
Here are other expressions that you can also use:
offering
|
respond
|
May I help you?
What can I do for you?
What if ...?
|
Yes,
please.
No, thanks, I’m ok.
Thanks a lot.
|
Activity 5
Act the dialogue out with your partner!
Activity 6
In pair practice in front of the class
ANSWER KEY
Activity 1
1.
The poster tells about stopping global warming.
2.
To keep our earth and environment.
3.
Yes, I do. By using public
transportation.
Activity 2
1.
Helmi ask Retno for giving her opinion about action
to reduce global warming.
2.
She is think that everyone
should start changing their way of life.
3.
She read newspapers,
magazines, and also searches for information in the internet.
4.
Helmi praises Retno much.
5.
Helmi suggest writing her idea in their school
magazine next month.
Activity 3
-
Activity 4
-
Activity 5
1.
I believe that area for learning process more
important than residential area. Because, it will increase our smart people and
talented youth.
2. I
think local vegetables and fruits don’t need much transportation to get
it into the market. It of course means, the amount of carbon dioxide produced is less than the groceries
from other region. By buying local groceries we are helping reduce the amount
of carbon dioxide produced. Consuming
fresh groceries instead of frozen ones are healthier for us.
Activity 6
2.
Florescent light bulbs are more efficient than
traditional bulbs. Moreover, it lasts longer.
3.
Getting around using bicycle is actually the most
efficient way of traveling in the city. So, it makes us healthy.
4.
Corn cannot absorb as much carbon dioxide as it
produces. Furthermore, Oak trees can absorb more carbon dioxide than it
produces.
5.
Cows produce more Greenhouse gas than any vehicle.
Moreover, vegetables do not produce as much Greenhouse gas as cows do.
0 komentar:
Posting Komentar