RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / semester : XI /1
Materi Pokok : Teks tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / semester : XI /1
Materi Pokok : Teks tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
II. Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International.
2.2. Mengembangkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan
pendapat sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun
teks tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan
sesuai konteks.
III.
Indikator
1. Spiritual
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional.
2. Sosial
Melakukan sikap yang
bertanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional secara konsisten.
3. Pengetahuan
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4. Ketrampilan
Menyusun teks tulis untuk menyatakan dan merespon
ungkapan menyatakan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
IV.
Tujuan
1.
Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta didik mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara
konsisten.
2.
Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat, peserta didik dapat
berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman secara konsisten.
3.
Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat, peserta didik dapat menjelaskan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara tepat.
4. Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan teks tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat, peserta didik dapat menyusun teks tulis untuk menyatakan
dan merespon ungkapan menyatakan pendapat,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
V.
Materi
Pembelajaran
Teks
tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat,
a.
Fungsi sosial :
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman,
dan orang lain
b.
Struktur text :
Menyatakan pendapat/pikiran
·
I
think …
·
I suppose...
·
In my opinion …
c. Unsur
kebahasaan :
Ucapan,
tekanan kata, dan intonasi.
VI. Sumber/Media Pembelajaran
1.
Media
Gambar
2.
Sumber
Pembelajaran
a.
Buku teks wajib
b.
CD/ Audio/ VCD
c.
Koran/ majalah berbahasa Inggris
d.
Sumber dari internet:
VII. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Cooperative
learning
VIII. Langkah Pembelajaran
FASE
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
a. Guru
memberisalam (greeting);
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa;
c. Guru menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
a. Mengamati
·
Siswa membaca interaksi menyatakan pendapat
serta responnya.
·
Siswa menirukan model interaksi menyatakan pendapat.
·
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pendapat dan
pikiran (fungsi sosial teks).
b.
Menanya
·
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai ungkapan menyatakan pendapat dalam bahasa Inggris,
perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
c. Mengeksplorasi
·
Siswa menyatakan pendapat
dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
d. Mengomunikasikan
·
Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
|
70 menit
|
Penutup
|
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru
|
10 menit
|
IX. Penilaian
(Instrumen penilaian terlampir)
1.
Penilaian
sikap
2.
Penilaian
pengetahuan
3.
Penilaian
ketrampilan
...................., ..............................
20...
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _________________________
NIP. ... NIP.
...
LAMPIRAN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Rasa hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya diri
Komunikatif
Peduli sesama
Ingin tahu
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks label nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
Unjuk kerja
|
Teks tulis
|
Give your opinion on the following
ideas. Then, ask your classmate for his/her opinion on the
same ideas. Compare your opinions
with your classmate’s.
|
3.
Penilaian
keterampilan
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Unjuk kerja
|
Presentasi
|
Match the following statements with
the best argument or solution. Remember to link them with the suitable words or phrases.
|
LAMPIRAN : Rubrik
Penilaian dari Segi Sikap (attitude)
a. Rasa hormat (respect)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak hormat
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak hormat
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak hormat
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak hormat
1 = Sangat sering
menunjukkan tidak hormat
b. Jujur (honest)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak jujur
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak jujur
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak jujur
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak jujur
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak jujur
c. Peduli (care)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak peduli
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak peduli
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak peduli
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak peduli
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani (brave)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak berani
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak berani
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak berani
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak berani
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tiodak berani
e. Percaya diri (confidence)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 = Beberapa kali menunjukkan
sikap tidak percaya diri
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi baik (communicative)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Pernah menunjukkan
sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Sering
menunjukkan sikap tidak komunikatif
5 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial (social awareness)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu (curiosity)
5 = Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak ingin tahu
Rubrik Penilaian dari
Aspek Pengetahuan (knowledge)
a. Kosa kata (vocabulary)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan
tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan dan
mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan
dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak
kesalahan sehinngga sulit dipahami.
b. Kelancaran (fluency)
5 = Sangat lancar
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan
tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa
kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan
dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak
kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada beberapa
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa
kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan
dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak
kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif
dan tepat
4 = Variatif dan
tepat
3 = Cukup variatif
dan tepat
2 = Kurang variatif
dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat
Rubrik Penilaian Praktek
Kriteria |
Jika
respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika
respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika
respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika
respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika
respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Nilai
|
Excelent
5
|
Very Good
4
|
Good
3
|
Fair
2
|
Poor
1
|
Lampiran 1 :
Format Penilaian Individu
Nama Kegiatan :
.....................................
Tanggal Pelaksanaan :
.....................................
Nama :
.....................................
NIS :
.....................................
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Nilai
|
Sikap
(attitude)
|
||
1
|
Ingin
tahu
|
|
2
|
Percaya
diri
|
|
3
|
Jujur
|
|
|
|
|
Perilaku
(action)
|
||
1
|
Kerja
sama
|
|
2
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
|
|
|
|
Pengetahuan
(knowledge)
|
|
|
1
|
Pengucapan
|
|
2
|
Kelancaran
|
|
3
|
Intonasi
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
Rata-Rata
|
|
STUDENTS’
WORKSHEET
Activity 1
Observe this picture and answer the questions!
1.
What does the poster tell you?
2.
Why is it important for us to stop global warming?
3.
Do you know how we can help stop global warming?
Activity 2
Read the following dialogue and answer the questions based on the dialogue!
Helmi : Retno, what do
you think is the best action to reduce global warming?
Retno : I think everyone
should start changing their way of life.
Helmi : What do you mean?
Retno : Well, we have to start to do what we can, to help
reduce global warming.
Helmi : What do you
suggest that we should do?
Retno : Well, there are
lots of things that we can do. We should
start saving electricity, start recycling things, start using
public transport means, buying and consuming as much as we need only, etc. Basically, just save
anything that we can.
Helmi : Wow! You know a lot of things about reducing global
warming. Where did you learn
all of that from?
Retno : Well, I read
newspapers, magazines, and also search for information in the internet. Actually, I want to
inform what I’ve learned to everyone so that everybody can start helping to save our
mother nature.
Helmi : You’re so awesome. How about if you write it in our
school magazine next month?
Retno : That’s a great idea. I’ll do that.
Helmi : OK, I’ve got to go now.
Retno : Bye.
Questions
1.
What does Helmi ask Retno for?
2.
What is Retno’s opinion on the action that should be done to
reduce global warming?
3.
Where did Retno learn all the information on global warming?
4.
What does Helmi think of Retno?
5.
What does Helmi suggest that Retno should do?
Activity 3
Act the dialogue out with your partner!
Activity 4
Study and read the following expressions!
In the dialogues that you read, you find the following
expressions:
- What do you think is the best action to reduce global warming?
- What do you suggest that we should do?
Those expressions are used to ask for opinions.
You also find the following expressions from the dialogue:
- I think everyone should start changing their way of life.
- We should start saving electricity, start recycling things, start using public transport means, buying and consuming as much as we need only, etc.
Those expressions are
used to give opinions.
Here are other expressions that you can also use:
Asking for Opinion
|
Giving Opinion
|
What is your opinion?
What do you think of...?
How do you feel about…?
How do you see …?
|
I think …
I believe …
I feel …
It seems to me …
|
Activity 5
Give your opinion on the following
ideas. Then, ask your classmate for his/her opinion on the
same ideas. Compare your opinions with
your classmate’s.
1. The government should limit the area for residential purposes.
2. Buy only local vegetables and fruits.
Activity 6
Match the following statements with
the best argument or solution. Remember to link them with the suitable words or phrases.
The first one has been done for you.
1.
Global warming is getting worse.
2.
Florescent light bulbs are more efficient than
traditional bulbs.
3.
Getting around using bicycle is actually the most
efficient way of traveling in the city.
4.
Corn cannot absorb as much carbon dioxide as it
produces.
5.
Cows produce more Greenhouse gas than any vehicle.
|
|
a.
It makes us healthy.
b.
Oak trees can absorb more carbon dioxide than it produces.
c.
Vegetables do not produce as much Greenhouse gas as cows
do.
d.
We have to start reducing carbon production.
e.
It lasts longer.
|
1.
Global warming is getting worse. Therefore, we have to start
reducing carbon production.
2.
……………………………………………………………………………………………
3.
……………………………………………………………………………………………
4.
……………………………………………………………………………………………
5.
……………………………………………………………………………………………
ANSWER KEY
Activity 1
1.
The poster tells about stopping global warming.
2.
To keep our earth and environment.
3.
Yes, I do. By using public
transportation.
Activity 2
1.
Helmi ask Retno for giving her opinion about action
to reduce global warming.
2.
She is think that everyone
should start changing their way of life.
3.
She read newspapers,
magazines, and also searches for information in the internet.
4.
Helmi praises Retno much.
5.
Helmi suggest writing her idea in their school
magazine next month.
Activity 3
-
Activity 4
-
Activity 5
1.
I believe that area for learning process more
important than residential area. Because, it will increase our smart people and
talented youth.
2. I
think local vegetables and fruits don’t need much transportation to get
it into the market. It of course means, the amount of carbon dioxide produced is less than the groceries
from other region. By buying local groceries we are helping reduce the amount
of carbon dioxide produced. Consuming
fresh groceries instead of frozen ones are healthier for us.
Activity 6
2.
Florescent light bulbs are more efficient than
traditional bulbs. Moreover, it lasts longer.
3.
Getting around using bicycle is actually the most
efficient way of traveling in the city. So, it makes us healthy.
4.
Corn cannot absorb as much carbon dioxide as it
produces. Furthermore, Oak trees can absorb more carbon dioxide than it
produces.
5.
Cows produce more Greenhouse gas than any vehicle.
Moreover, vegetables do not produce as much Greenhouse gas as cows do.
0 komentar:
Posting Komentar