RENCANA
PEMBELAJARAN
(RPP)
............................................................................................................................................................
Satuan
Pendidikan : SMA..
Materi
Pembelajaran :
BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : X/2
Materi
Pokok : Descriptive Text
Skill :
reading
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
K2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
K4. Mengolah,
menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2.
|
1.2 Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
|
3.
|
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
|
1.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan
anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
1.2.2
Mengakui ketika membuat kesalahan
1.2.3. Tidak menyalahkan orang lain
atas tindakannya sendiri
1.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan
dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
|
4.
|
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional
|
|
6.
|
4.10
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang
orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
4.10.2 Menyampaikan teks deskriptif secara tulis
tentang tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dengan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik :
1. Mampu
menuliskan kosa kata tentang tempat wisata dan bangunan bersejarah secara benar
setelah diberikan contoh dari guru.
2. Mampu
menuliskan kata ungkapan dalam teks diskritif secara benar setelah diberikan
contoh dari guru
3. Mampu
menuliskan teks diskriptif dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks setelah diberi contoh dari guru.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Text Descriptive
·
Fungsi
sosial
1. Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman
2. Memberi
informasi tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
melalui ciri-ciri yang dimiliki.
·
Generic
structure of the text
1. Penyebutan
sebutan tentang tempat pariwisata (waterfall,
lake, temple, beach, mountain, etc)
2. Adjective
(Wonderful, Exotic, Amazing, Beautiful,
Tall, Big, Large etc)
3. Adjective
Phrase (Wonderful Temple, Amazing beach,
The highest Mountain etc)
4. Simple
present tense (is, am, are, do, does,)
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific Approach
Strategi : pengamatan, pemodelan, kerja kelompok, dan mempraktekkan
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
Media : Gambar Tempat Pariwisata dan
tempat bersejarah, LCD, Laptop
G.
SUMBER
BELAJAR
·
Buku SMA kelas X yang relavan
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
(10 menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Kegiatan Awal
|
-
Apersepsi dan motivasi
-
Bernyanyi “If
you are happy, clap your hand!”
-
Menampilkan gambar tentang tempat wisata dan
bangunan sejarah terkenal
-
Penyampaian tujuan pembelajaran
|
KEGIATAN
INTI (70 menit)
|
|
Observation
|
-
Peserta didik mengamati gambar yang disajikan
dalam slide atau poster (Task 1)
-
Peserta didik menyebutkan nama dan kata sifat yang
melekat pada gambar (Task 2)
-
Peserta didik mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan language feature di dalam teks descriptive yang diberikan
|
Questioning
|
-
Peserta didik membuat pertanyaan berdasarkan
contoh teks Descriptive yang
diterima.(Task 3)
|
Assosiation
|
-
Peserta didik membuat kesimpulan sementara tentang
materi ajar yang sedang dipelajari (Task 5)
-
Guru memberikan penguatan tentang fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang dipelajari
|
Experimenting
|
-
Peserta didik menyusun teks deskriptif sederhana
tentang tempat wisata, dan bangunan sejarah terkenal secara berkelompok.
(Task 6)
|
Communicating
|
- Peserta
didik menempatkan hasil kerja kelompoknya berupa teks diskriptf di papan
informasi yang ada di dalam kelas (task 7)
|
PENUTUP
(10 menit)
|
|
Penutup
|
- Menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari
- Refleksi
- Penugasan
|
I.
PENILAIAN
Reading
Kolom
Penilaian
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||||
Accuracy
|
Diction
|
Keterpaduan Kalimat
|
Vocabulary
|
Grammar
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
|
|
|
|
1
|
Kesesuaian isi
dengan tujuan penulisan pesan
|
100% isi
sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata
tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Keterpaduan
kalimat
|
100% kalimat
terpadu dan runtut
|
5
|
80% kalimat terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% kalimat terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% kalimat terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% kalimat terpadu dan runtut
|
1
|
||
4
|
Penulisan kosa
kata
|
100% penulisan
kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
5
|
Ketepatan tata
bahasa
|
100%
penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80%
penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60%
penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40%
penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20%
penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
||
80%
tulisan hasil pemikiran sendiri
|
4
|
||
60%
tulisan hasil pemikiran sendiri
|
3
|
||
40%
tulisan hasil pemikiran sendiri
|
2
|
||
20%
tulisan hasil pemikiran sendiri
|
1
|
Pedoman
Penilaian
v
Attitude
No
|
Nama
|
Aspek yang di amati
|
Skor
|
|
Percaya diri
|
Tanggung jawab
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kreteria
BT
(Belum Tampak) skor
1
MT
(Mulai Tampak) skor
2
M
M (Mulai Membudaya) skor
3
Kediri, 13 April
2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(________________________)
(______________________)
STUDENT’S
WORKSHEET
Task 1
Observe these pictures below!
Task 2
Please mantion the adjective, word,
or phrase that you can see in the picture!
Task 3
Find the meaning.
1.Center :
2.Struggle :
3. Independence :
4. Platform :
5.Resembles :
Task 4.
Discuss with your group and answer
the question below!
Text 1
Monas National Monument
Monas National Monument
is a 132-meter tower in the center of Merdeka Square, Central Jakarta,
Indonesia Jakarta, is the capital of the state. It symbolizes the struggle for
Indonesian independence of our country. The monument consists of a 117.7 m
obelisk on a 45m square platform at a height of 17 m. Towering monument
symbolizes the philosophy of Lingga and Yoni. Resembles a phallus, or pestle
mortar pestle and Yoni resembles rice or mortar, two important things in the
tradition of Indonesian agriculture. Construction began in 1961 under the
direction of President Sukarno, the first president of the us and the monument
was opened to the public in 1975. It is topped by a flame covered with gold foil.
It is the wonderful monument that Indonesia has.
Task 5 answer the
question
1.
What does the
text tell about?
2.
Can you find the
social function in the text? What are they?
3.
What is the
grammatical structure that use in the text?
4.
What is the text
structure in the text? Are they telling the characteristic of the place and its
parts?
Task 6
choose T if the
statement is true and F if it
is false according to the text.
is false according to the text.
• 1.Monas is a 133 meter
• 2.it symbolizes the struggle for indonesia indepence
of country
• 3.the located on surabaya
• 4.Monas was opened to the public in 1977
Task 7
Discuss Another
tourism place with your Group
Task 8
Share Infort of
the class.
1 komentar:
ddengan kunci jawabannya kalau boleh
Posting Komentar